Rabu, 24 Juni 2015

Waingapu, Sumba Timur, NTT

0

  assalamualaikum wr wb
saya ingin menceritakan sedikit tentang daerah saya so ...
   Kota Waingapu adalah kota kecamatan yang merupakan ibukota dari Kabupaten Sumba TimurNusa Tenggara Timur,Indonesia. Waingapu merupakan kota terbesar di Pulau Sumba. Populasi kota Waingapu tercatat sebanyak 52.755 jiwa. Kabupaten ini diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, pada 13 Oktober 2014, sebagai pecahan dari Kabupaten Sumba Timur.
   Kebudayan dari daerah saya sangat kental karena mungkin masih belum terlalu terjamah oleh kemajuan dan perkembangan zaman itu sendiri jadi masih sangat memegang erat apa yang menjadi tradisi mereka. Kebudayan yang masih sangat khas dari daerah saya itu adalah ritual pemakaman, kepercayaan dan pernikahannya.Didaerah saya mereka masih mempercayai roh roh alam seperti pohon,rumah,hewan dan masih banyak lagi yang menurut mereka itu adalah perantara Tuhan.
   proses pernikahanya pun menurut saya sangat unik karena seorang laki* jika ingin meminang perempuan itu harus dengan membayar beberapa ekor hewan bahkan jika perempuan tersebut adalah keturunan raja pada wilayah itu, maka seorang laki* harus membayar atau memberikan hewan dalam jumlah ratusan, hewan tersebut bukan ayam atau kelinci malainkan sapi, kuda atau kerbau. proses pemakamannya pun unik karena mereka tidak langsung mengebumikan sang mayat melainkan di awetkan hingga bertahun tahun. Bayangkan saja haha dan yang lebih waww lagi mayatnya itu di lekatan di depan rumah mereka dengan posisi duduk , bisa anda bayangkan??? jadi setelah seseorang itu meninggal maka badannya harus di tekkukan entahlah apa maksudnya ..
yang saya tahu mengapa mereka lama mengebumikan mayat tersebut itu karena kuburan mereka harus dari batu gunung yang sangat besar dan harus di proses lagi membentu kotak menyerupai rumahh..
   Makanan khas dari sumba timur adalah manggulu ,bahannya itu dari pisang yg di hancurkan di campur dengan kacang lalu di cetak lonjong like a wax..

mungkin itu sedikit deskripsi tentang daerah saya.. 
apabila ada salah kata mohon dimaklumi *-*
wasalamualaikum wr wb
by: Nadhya Algadrie


Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Waingapu,_Sumba_Timur

go to link :

umm.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com