Rabu, 24 Juni 2015

Tips/Trik PATI 2015

0

Dari pelatihan aplikasi teknologi informasi di Universits Muhammadiyah Malang yang sudah saya jalani selama beberapa hari ini, bagi saya pribadi kegiatan ini cukup berkesan, di sana saya mendapatkan beberapa ilmu tentang teknologi informasi yang mana belum pernah saya dan mungkin teman-teman yang lain ketahui sebelumnya. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi saya, mengingat nantinya saya akan menjalani kuliah di teknik informatika. Berikut adalah sedikit ilmu atau trik yang saya dapatkan dari pelatihan tersebut, khususnya mengenai tips pencarian di google.com.
Yang pertama adalah cara untuk mencari file/data dengan format tertentu yang lebih spesifik, seperti format “doc” document.
Caranya : <tulis keyword yang akan di cari><filetype:doc>
Misalnya: cara membuat blog filetype:doc
Maka hasil dari pencarian di google akan muncul result yang formatnya berupa “doc”/ document saja

Mudah kan? Begitu juga jika kalian ingin mencari beberapa tipe file yang lain, seperti pdf, ppt(power point), xls(Excel) dan lainnya, kalian hanya tinggal mengganti 'doc' tadi menjadi format yang kalian inginkan.. Seperti ini contohnya:
  • Cara membuat blog filetype:pdf
  • Cara membuat blog filetype:ppt

Selain mencari dokumen dengan format tertentu, saya juga mendapatkan tips untuk melakukan pencarian cepat dalam situs tertentu. Formatnya adalah sebagai berikut: 
  • <tulis keyword yang akan di cari><site:(nama situs yang diinginkan)>
  • Contohnya: Global warming site:wikipedia.org


Masih seputar google, trik selanjutnya adalah mengenai cara  untuk mencari data agar data yang dicari sedikit saja/ memudahkan  pengkhususan dalam pencarian, yaitu dengan membuka “google penelusuran lanjutan” seperti gambar dibawah ini


Ya mungkin itu adalah beberapa tips atau trik pencarian google yang mungkin teman-teman belum mengetahui sebelumnya dan saya pun baru mendapatkannya di pelatihan Aplinet UMM kali ini dan masih banyak lagi yang saya pelajari dalam pelatihan tersebut,

Terima Kasih, Wassalamualaikum wr wb

go to link:

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com